Thursday, January 05, 2006

LAGU-LAGU DAERAH DI INDONESIA




Do you want to sing Indonesian traditional songs?
Here 




Lagu Daerah Nangroe Aceh:
Bungong Jeumpa


Bungong jeumpa bungong jeumpa megah di Aceh
Bungong telebeh, telebeh indah lagoina
Puteh kuneng mejampu mirah
Keumang siulah cidah that rupa
Lam sinar buleun lam sinar buleun angen peu ayon
Ru roh mesuson mesuson, nyang malamala
Mangat that mebe’i menyo ta thim com
Lepah that harum si bungong jeumpa



Lagu Daerah Tapanuli:
Sinanggar Tullo


Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Tu di a ma lu lu an
Da goreng goreng ba hen so ban sa
i tu di a ma lu lu an
Da
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Bidang bulung nirimbang
Da bidangan balung ni du lang sa
i pandokonni da i nang
Da



Lagu Daerah Sumatera Barat:
Kampuang Nan Jauh Di Mato


Kampuang nan jauh di mato
Gunung sansai bakuliliang
Takana jo kawan kawan nan lamo
Sangkek basuliangsuliang
Panduduknyo nan elok
Nan suko bagotong royong
Kok susah samo samo diraso
Den takana jo kampuang
Takana jo kampuang
Induk ayah adiak sadonyo
Raso mangimbaungimbau den pulang
Den takana jo kampuang



Lagu Daerah Riau:
Soleram


Soleram Soleram
Soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Satu dua tiga dan empat
Lima enam tujuh delapan
Kalau tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama ditinggalkan jangan



Lagu Daerah Jakarta:
Kicir-Kicir


Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka
Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna



Lagu Daerah Jawa Barat:
Manuk Dadali


Mesatngapungluhur jauh di awang awang
Meberkeunjanjangna bangun taya karingrang
Kukuna ranggaos reujeungpamatukna ngeluk
Ngepak mega bari hiberna tarik nyuruwuk
Saha anu bisa nyusul kana tandangna
gadangjeungpartentang taya badingan nana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan ka sieun leber wawanenna
Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti Indonesia jaya
Manuk dadali pang kakoncarana
Resep ngahiji rukun sakabehna
Hirup sauyunan tara pahirihiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali gadung siloka sinatria
Keur sukamna bangsa di nagara Indonesia



Lagu Daerah Jawa Tengah:
Lir Ilir


Lir ilir lir ilir tandure wong sumilir
Tak ijo royo royo
Tak sengguh panganten anyar
Cah angon cah angon penekna blimbing kuwi
Lunyu lunyu penekna kanggo mbasuh dodotira
Dodotira dodotira kumintir bedah ing pinggir
Dondomana j’rumatana kanggo seba mengko sore
Mumpung padang rembulane
Mumpung jembar kalangane
Sun suraka surak hiyo



Lagu Daerah Yogyakarta:
Suwe Ora Jamu

Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela
Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela



Lagu Daerah Kalimantan Selatan:
Ampar-Ampar Pisang

Ampar-ampar pisang pisangku belum masak
Masak bigi dihurung dihurung bari bari
Masak bigi dihurung dihurung bari bari
Manggalepak manggalepok patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api apinya clang curupan
Bengkok dimakan api apinya clang curupan
Nang mana batis kutung dikitipi dawang
Nang mana batis kutung dikitipi dawang



Lagu Daerah Sulawesi Utara:
Si Patokaan


Sayang sayang si patokaan
matego tego gorokan sayang
Sayang sayang si patokaan
matego tego gorokan sayang
Sako mangemo tanah man jauh
mangemo milei lek la ko sayang
Sako mangemo tanah man jauh
mangemo milei lek la ko sayang



Lagu Daerah Maluku:
Burung Tantina


Sio tantina burung tantina
mati dipanah Raja Nirwana
Sio tantina burung tantina
mati dipanah Raja Nirwana
Sakitnya bukan sakit penyakit
Khabarnya datang dari Sri Rama
Sakitnya bukan sakit penyakit
Khabarnya datang dari Sri Rama



Lagu Daerah Irian Jaya:
Yamko Rambe Yamko

Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Hee yamko rambe yamko aronawa kombe
Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade
Teemi nokibe kubano ko bombe ko
Yuma no bungo awe ade
Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro
Hongke hongke hongke riro
Hongke jombe jombe riro




~Thank you for singing~

24 comments:

  1. Anonymous2:45 PM

    bisa minta tangga nada, birama, pola irama, melodi, komposisi/bentuk lagu, tempo dinamika, dan ekspresi, sama harmoni/akor dari musik betawi yaitu Kicir-kicir........ tolong dong plisss.....soalnya hari senen bsk aku ada tugas apresiasi musik betawi nih. trims

    ReplyDelete
  2. Anonymous6:04 PM

    bisa minta arti lagu-lagu daerah yang ditulis disitu ga??
    aku lagi butuh banget terutama ampar-ampar pisang sama yamko rambe yamko...tapi kalo bisa sih semuanya...tolong ya..buat skripsi....makasih....

    ReplyDelete
  3. Anonymous6:04 PM

    bisa minta arti lagu-lagu daerah yang ditulis disitu ga??
    aku lagi butuh banget terutama ampar-ampar pisang sama yamko rambe yamko...tapi kalo bisa sih semuanya...tolong ya..buat skripsi....makasih....

    ReplyDelete
  4. weh3x..
    gile nih retno..
    bagus2 euy tulisannya..
    jadi pingin...

    ReplyDelete
  5. Anonymous7:55 PM

    bisa minta arti lagu "Yamko Rambe Yamko"? Butuh banget, bwat tugas...

    ReplyDelete
  6. Anonymous5:09 PM

    minta arti lagu yamko rambe yamko y..plizzz.buat tgs seni...thx

    ReplyDelete
  7. Anonymous1:34 AM

    boleh dunk copy buat publikasi??

    ReplyDelete
  8. Kandar6:18 PM

    Maaf ni numpang komen tolong di balas kalau sempat dan ada waktu, bisa tolong cari tahu gak' artinya lagu daerah Aceh yang lagunya bungong jeumpa. Trimz b4

    ReplyDelete
  9. weleh-weleh jeung Retno ini, sudah punya Blog ngga kasih kabar aku, ana opo yo? yo wis aku acung jempol blogne edan re, alus tenan hitam simbol keadilan seperti indonesia sedang haus keadilan....hehehehe!

    ReplyDelete
  10. walah-walah...banyak juga yang berminat sama lagu daerah nusantara ya, syukurlah....

    *anonymous: sorry baru balas, soal arti lagu-lagu daerah tanya sama menteri kebudayaan aja ya, kakaka..!

    *wisnu: aje gile! opone, bro?!

    *kandar: ini cak kandar freemason bukan? hahaha... bungong jeumpa? tahu aja aku cinta aceh..

    *afan: lho, siapa ni, kang choer afandi po? lha!

    ReplyDelete
  11. Anonymous1:20 PM

    BISA ARTI LAGU SIPATOKAAN GA AQ LAGI BUTUH BANGETN NIH.

    ReplyDelete
  12. Anonymous5:19 AM

    Saya minta tolong terjemahannya, boleh ya... Dari kecil selalu penasaran terjemahan lagu2 daerah, tapi susah skali menemukanx.... Tolong ya mbak Retno Iswandari...

    ReplyDelete
  13. arbikurnia@hotmail.com2:53 PM

    bisa minta tangga nadanya Ampar ampar pisang do = A gk?? Trus Yamko rambe yamko nya do= B bes
    plz y klo bisa, aku bsok selasa ada tugas nih

    ReplyDelete
  14. Anonymous8:11 AM

    bisa minta lirik indonesianya lagu anak kambing saya sama arti dari lagu itu sebenarnya apa ya ? please ya penting banget buat tugas kesenian, thank you

    ReplyDelete
  15. aku minta cerpen yang lain donk. aku pingin belajar menulis cerpen

    ReplyDelete
  16. @ Matroni el-Moezany: kamu komen cerpen apa lagu2? hehe, kuanggap salah teknis aja. ayo sama2 belajar. cerpenmu banyak pula kan.

    ReplyDelete
  17. aku g banyak nulis cerpen, ntar aku kapan2 belajar ma mbk ya, gimana, aku kan pingin memiliki karya yang bagus kayak mbk, gimana?

    ReplyDelete
  18. @ matroni: makasih apresiasinya, lalu kalau bukan cerpen, kamu lebih senang nulis apa? oya, nanti kita belajar bareng ya =)

    ReplyDelete
  19. Jeng Retno,

    Penasaran apa artinya lirik lagu Si Patokaan, akhirnya aku temukan juga di Minahasa.net.:

    "Si Patokaan"
    Tanah kelahiranku tersayang
    Tetaplah damai dan sejahtera
    Jika kau pergi ke rantau jauh
    Pergilah dengan berhati-hati
    Jika kau pergi ke rantau jauh
    Pergilah dengan berhati-hati

    Salam,
    Mbah Suryo

    ReplyDelete
  20. Anonymous8:51 PM

    @anonymous: arti or makna lagu bisa di liat di
    http://pdfdatabase.com/search/makna-dari-si-patokaan.html

    ReplyDelete
  21. avelina8:40 PM

    mmmm....
    thx yaa kak buat lirikn lagu nya...
    soalnya penting banget buat tugas...
    hehehehehehehe.......

    ReplyDelete
  22. Anonymous12:48 AM

    Arti Lagu Si Patokaan

    Si Patokaan...."
    kalau dilihat dari arti katanya si patokaan bisa dikatakan itu nama orang.... atau nama tokoh.... semisal menyebut si budi atau si heru

    sayang-sayang si patokaan matego tigo gorokan....
    berarti sayang-sayang di patokaan kalau hanya tinggal di tempat saja...tidak kemana-mana.....

    sako mangemo = kalau kamu(si patokaan) mau pergi
    nan tana jauh = ke negeri seberang / tanah yang jauh
    mangemo milek ilek lako = pergilah berhati-hati waspada atau jaga diri......

    jadi secara keseluruahn lagu si patokaan mau bercerita tentang ajakan untuk seseorang agar jangan hanya mau tinggal di tanah kelahirannya tapi pergilah juga merantau cari pengalaman di tempat yang jauh tapi dengan berhati-hati

    by: Derry Kurniawan Putra

    ReplyDelete
  23. Mantap...budaya qt harus di pertahankan......

    ReplyDelete